Friday 16 June 2017

Masjid Bunda Maria di Uni Emirat Arab

Penulis : PROF. SUMANTO AL QURTUBY
Sumber : https://www.facebook.com/Bungmanto/posts/10158930722250523?pnref=story

Belum lama ini, Sheikh Muhamed bin Zayid Al Nahyan, penguasa Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), mengeluarkan surat perintah untuk mengganti nama masjid megah "Masjid Sheikh Mohamed bin Zayid" (namanya sendiri) menjadi "Masjid Maria Ibu Yesus" (Maryam Umm 'Isa). Sejumlah tokoh agama Muslim & Kristen berfoto bersama di masjid tersebut (courtesy: Khaleej Times).
Penggantian nama ini dimaksudkan untuk menciptakan relasi sosial yang harmoni antar masyarakat agama di UEA yang memang sangat majemuk.
Menteri Negara Urusan Toleransi Sheikha Lubna sangat mengapresiasi pengubahan nama tersebut sebagai simbol toleransi dan koeksistensi damai antar-pemeluk agama, khususnya umat Kristen. Demikian pula sejumlah tokoh agama dan petinggi negara seperti Sheikh Mohammed bin Rasyid Al Maktoum dan Mohammed Matar Al Kaabi.
Sejumlah tokoh Kristen di UEA juga mengapresiasi sangat positif penamaan ini seperti Rev. Canon Andrew Thompson dari Gereja St. Andrew, tetangga Masjid Maria tersebut. Gerejanya dan juga gereja-gereja lain di UEA juga menyediakan acara buka puasa bersama untuk para pekerja Muslim migran.
Agama sebetulnya mengajarkan harmoni, kerukunan dan perdamaian yang sangat indah. Tapi sayang banyak pemeluknya yang justru terperangkap ke dalam lingkaran setan kekerasan, kebencian dan permusuhan.

No comments:

Post a Comment

Perang Melawan ISIS dan Terorisme

Penulis : PROF. SUMANTO AL QURTUBY Sumber :  http://news.liputan6.com/read/3004571/perang-melawan-isis-dan-terorisme?source=search Liput...